Senin, 15 Maret 2010

Please Check Your Belongings Before You Leave

Please Check Your Belongings Before You Leave. Pasti pada familiar kan dengan kalimat itu? Kalimat peringatan yang biasanya nongol setelah film selesai diputer di bioskop yang artinya tolong periksa barang-barang bawaan Anda sebelum Anda pergi itu ternyata harus sering diulang-ulang dalam kehidupan sehari-hari (khususnya kehidupan gue sendiri).


Sebuah pengalaman dodol yang kudu jadi pelajaran buat gue pada hari Minggu (14/3) kemarin adalah
ketika gue berangkat ke sekolah dengan pedenya cuma bawa hape dan STNK dalam kantong celana. Tanpa sepeser uang pun! Jangankan selembar, sekeping receh juga kaga bawa!

Entah kenapa gue begitu dodolnya sampe nggak kepikiran bawa duit. Padahal duit tu kan penting banget kan? Banyak orang begitu mementingkan uang sampe-sampe menganggap uang adalah segalanya. Jadi boro-boro bisa kelupaan, orang yang ada di otaknya cuma uang. Sedangkan gue dengan polosnya (bahasa halusnya dari bodoh) melupakan sesuatu yang amat sangat penting itu.

Sebenernya nggak masalah kalo gue ngga bawa duit sama sekali, karena gue bawa motor ke sekolah dan cuma mau ngasih barang-barang ke temen gue, abis itu pulang. Beres. Tanpa perlu secuil pun duit untuk ongkos atau jajan.

Tapi permasalahannya adalah: Indikator bensin (atau apalah namanya) yang nunjukkin kondisi isi "perut" motor biru mungil nan cantik jelita itu menunjuk dengan sangat jelas ke huruf E! Ampe mentok sementok-mentoknya. Dan gue (bodohnya, eh, dengan lugunya [maksa]) baru menyadari hal itu setelah cukup jauh dari rumah dan masih sangat jauh dari sekolah. Yang terbayang dalam benak gue saat itu adalah apabila gue harus mendorong-dorong atau menyeret-nyeret motor itu ke sekolah atau kembali lagi ke rumah, karena nggak mungkin kan gue bawa ke pom bensin tanpa bayar? Kalo boleh ngutang dulu sih kaga ngapa-ngapa. Lah tapi jaminannya apa coba? Hape gue? Ogah! STNK? Apalagi! Plastik dan sedotan yang mau gue kasih ke temen gue? Kalo abang-abangnya mau sih kaga ngapa-ngapa, tapi feeling gue bilang abangnya kaga bakalan mau.

Ternyata tidak cukup sampai di situ Saudara-Saudara. Saya juga teringat akan pulsa saya yang entah ada entah tidak, yang kalaupun ada entah apakah cukup untuk memberi kabar orang rumah atau tidak, yang kalaupun cukup entah apakah ada yang bisa nganterin duit atau nggak (walah, jadi complicated gini kan!).

Akhirnya, dengan bermodalkan nekad, eh salah, keyakinan, gue tetep maju terus pantang mundur menghadapi bayangan mengerikan (dorong-dorong motor) dengan bibir yang tidak berhenti berkomat-kamit, memanjatkan doa kepada Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu agar gue bisa sampai ke sekolah dengan selamat dan tanpa kekurangan bensin.

Dengan keyakinan kuat dan untaian doa itulah rupanya Dia menunjukkan kasih sayang-Nya dengan mengabulkan doaku. Subhanallah, Walhamdulillah Walaailaahailallah, Wallahu Akbar gue nyampe di sekolah dengan selamat dan tanpa harus mendorong motor gue, lalu gue bisa minjem duit temen gue (makasih banget ya Erynda, you're my hero!) dan gue bisa pulang dengan tenang setelah memenuhi dahaga motor gue. Motor, maaf ya kamu sampe kehausan banget gitu (gelo mode: ON)

Jadi, gue rasa gue harus selalu menayangkan kalimat Please Check Your Belongings Before You Leave di kepala gue setiap saat, seperti setiap ending film yang gue tonton aja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar