Kamis, 25 Maret 2010

Kok kamu nggak ngertiin aku sih?? (sinetron mode: ON)

Kalau kamu mau orang lain bersikap baik sama kamu, bersikap baiklah ke mereka. Kalau kamu mau dihormati orang lain, hormatilah orang itu. Kalau kamu mau dimengerti orang lain, ngertiinlah (apa sih bahasanya nggak enak banget) orang itu. Kalau kamu mau dipahami orang lain, pahamilah orang itu. Mungkin temen-temen pernah denger kalimat itu, atau kurang lebih seperti itu.

Selama ini gue juga sering banget denger kalimat-kalimat kayak gitu. Selama ini juga yang gue pikir adalah kalau gue ingin orang lain baik ama gue (ya kayak menghormati, mengerti, memahami, dan semacamnya), gue harus bersikap sama ke mereka.

Tapi kok, gue ngerasa bertepuk sebelah tangan ya? Alias cuma gue yang bersikap begitu ke mereka, tapi mereka nggak bersikap yang sama ke gue. Gue udah menghormati mereka, mencoba mengerti mereka, mencoba memahami mereka, tapi kenapa?? Kenapa sih mereka nggak bisa ngertiin aku?? (dengan nada sinetron)

Agak lebay memang, eh, salah, tapi memang lebay.

“Aku udah coba ngertiin dia, tapi kenapa sih dia nggak bisa ngertiin aku??” (sambil nangis Bombay dengan nada memelas)


Jujur, gue pernah berpikir (ingat, berpikir! Bukan mempraktekkan!) begitu. Mungkin temen-temen juga pernah. (hayo ngaku hayo ngaku!)

Selama ini gue coba mencari tahu kenapa, karena gue kurang puas dengan setiap jawaban yang gue dapet. Mungkin kali ini gue diuji dengan perasaan ingin tahu yang jawabannya perlu gue rasakan sendiri, hayati sendiri, dan maknai sendiri. Mungkin orang-orang atau bahkan temen-temen sudah banyak yang dapat mengetahui kenapa ada kalimat-kalimat seperti yang gue ketik paling atas tadi. Alasan-alasan kenapa kita harus mengerti orang lain dulu kalo kita mau dimengerti. Jujur aja, awalnya gue masih bingung. Iya kalo orang lain itu mau mengerti kita yang udah mengerti dia, lah kalo dia ndableg alias batu banget, dikasih perhatian, pengertian, tapi kok ya nggak ngerti-ngerti, kan capek.

Sampai akhirnya, sebuah kejadian, eh apa ya istilahnya, ya pokoknya ada sesuatu yang terjadi. Di situ gue dibuat bingung oleh gue sendiri, apakah gue harus cuek atau malah harus memikirkannya, apakah gue harus pura-pura kuat atau gue harus mengaku pengen nangis, dan sejenisnya. Ternyata respon orang-orang di sekeliling gue berbeda. Ada yang dia cuek aja seolah nggak tau masalah gue, ada yang justru semangat banget ingin membicarakannya sama gue, ada yang setengah-setengah (yang ini dia kayaknya bingung, mau ngomongin nggak enak, tapi nggak ngomongin pun ketauan boong banget kalo dia pura-pura nggak tau).

Karena kondisi emosi gue lagi kacau saat itu, gue menyalahkan semuanya. Kenapa si “ini” cuek banget, dia nggak care banget sama gue sampe-sampe seolah-olah dia nggak tau masalah gue padahal jelas-jelas dia tahu? Kenapa si “itu” suka banget ngungkit-ngungkit masalah tersebut, emang dia nggak peduli sama perasaan gue yang tercabik-cabik tiap inget itu masalah? Kenapa si “ono” plin-plan banget, awalnya dia seolah-olah nggak tau dan malah sibuk curhat panjang lebar ke gue tentang masalah dia, tapi setelah ngeliat si “itu” ngungkit masalah gue, barulah dia mau ngomongin hal itu, hal yang udah jelas-jelas dia tau selama ini tapi dia nggak peduliin, begitu ada yang mulai dia langsung ikutan.

Gue kalut banget. Sebel banget sama semuanya. Gue ngerasa nggak ada yang bener-bener bisa ngertiin gue. Padahal, selama ini gue udah berusaha ngerti mereka. Gue denger curhatnya, gue lakuin apa yang gue bisa lakuin (kalo gue bisa bantu ya gue bantu, kalo gue bisa nasehatin ya gue nasehatin, kalo gue bisa ngehibur ya gue ngehibur, kalo gue cuma bisa dengerin ya gue dengerin). Tapi emang kalo mood gue lagi nggak bagus ama lawan bicara gue (misal gue lagi kesel sama dia, entah itu karena dia pernah dan masih bikin gue kesel atau malah baru bikin gue kesel –kayak curhat di waktu yang nggak tepat), ya gue barulah menjadi lawan bicara yang nggak asik, yang cuma he-eh aja dan nggak focus dengerin dia atau mata gue kemana-mana nggak merhatiin dia. It means gue lagi nggak mood dengerin curhatan dia atau ngerasa nggak nyaman. Tapi selebihnya, gue selalu berusaha ngertiin mereka kok. Gue nggak pernah berniat menyakiti siapapun. Gue selalu mencoba menjadi temen yang baik buat mereka.

Jadi, kenapa? Kenapa perlakuanku bertepuk sebelah tangan?

Lama berdebat dengan diri gue sendiri, akhirnya terlintas pertanyaan di benak gue. Emang yang gue maksud dengan ngertiin gue itu kayak apa? Apa yang gue mau dari orang lain biar gue anggep orang itu ngertiin gue?

Mendadak gue terkejut dengan pertanyaan yang dilontarkan pikiran gue itu. iya, ya. Apa mau gue? Apa yang gue maksud dengan ngertiin gue itu?

Setelah menimbang-nimbang, akhirnya gue bingung sendiri. Ternyata selama ini gue nggak tau apa yang gue mau, gue nggak tau “ngertiin gue” yang gue maksud itu kayak apa. Yang gue pikir selama ini cuma dia nggak ngertiin gue, dia nggak ngertiin gue, dan dia nggak ngertiin gue.

Astaghfirullah. Egois banget gue dengan menganggap semua orang egois dan berpikir kalo cuma gue yang nggak egois. Sok banget gue dengan berpikir gue udah mengerti mereka dan menuntut mereka juga ngertiin gue.

Ternyata, selama ini GUE BELOM MENGERTI MEREKA. Jadi, gimana bisa gue pengen mereka ngertiin gue?

Lalu, gimana dengan semua usaha gue untuk mengerti mereka yang tadi gue sebutin? Oke, itu emang usaha juga. Tapi, ada hal penting yang justru belom gue pahamin dari mereka. Yaitu CARA MEREKA MENGHARGAI GUE, CARA MEREKA MENGERTI GUE, CARA MEREKA MEMAHAMI GUE, ETC.

Ternyata lagi dan lagi, begitu gue coba untuk mengerti “cara-cara” mereka itu, barulah gue merasa kalo TERNYATA MEREKA SANGAT MENGERTI GUE. Dengan caranya masing-masing yang berbeda-beda.

Si “ini” menunjukkan pengertiannya dengan tidak menyinggung masalah itu karena dia nggak mau bikin gue tersinggung. Dia betul-betul nggak tega bikin gue terluka kalo dia salah ngomong. Dia berusaha ngertiin gue, karena menurutnya gue bisa sedih kalo dia mengungkit masalah itu.

Si “itu” menunjukkan pengertiannya dengan membahas masalah itu terus menerus, sampai masalah gue itu selesai. Dia betul-betul nggak tega ngeliat gue dalam masalah itu, dan mencegah gue terpuruk lama dalam kubangan penderitaan gue. Dia berusaha ngertiin gue, karena menurutnya sebagai teman kita harus saling menolong, dan dia ingin menolong gue dalam masalah gue.

Sedangkan si “ono” yang emang gue tau dia bingung mesti gimana itu menunjukkan pengertiannya dengan mencoba menyesuaikan dengan situasi dan kondisi gue. Dia curhat panjang lebar mungkin sebagai pemancing biar gue juga curhat; atau untuk mengisi kekosongan waktu di antara kami biar ada pembicaraan –karena dia nggak enak mau ngungkit masalah gue, takut menyinggung perasaan gue; atau untuk mengalihkan pikiran gue dari masalah gue biar gue nggak berlarut-larut dalam masalah gue. Dan setelah si "itu" mengungkit masalah itu dan tanggapan gue baik-baik aja –dalam artian gue nggak nangis-nangis dengan diungkitnya masalah itu (padahal dalam hati gue pengen nangis jejeritan), dia pun merasa kalo gue ternyata masih sanggup untuk membicarakan masalah gue. Jadilah dia mengungkitnya juga. Bisa dibilang si “ono” ini gabungan dari “ini” dan “itu”, yang awalnya menurut gue paling ngeselin tapi ternyata luar biasa baik itu.

Gue bener-bener nyesel, sekaligus bersyukur. Nyesel kenapa gue sampe sempet sebel sama temen-temen gue, bersyukur karena akhirnya gue sadar hal itu. Gue bersyukur atas penyesalan itu, karena dari penyesalan yang emang nggak pernah on time itu gue jadi bisa menarik banyak pelajaran.

So, bener banget kalo ada yang bilang “Kalau kamu mau dihormati orang lain, hormatilah orang itu. Kalau kamu mau dimengerti orang lain, ngertiinlah orang itu. Kalau kamu mau dipahami orang lain, pahamilah orang itu. .”

Ya, dengan menghormati cara mereka menghormati kita, mengerti cara mereka mengerti kita, memahami cara mereka memahami kita, kita akan tersadar kalo ternyata mereka benar-benar menghormati kita, mengerti kita, memahami kita, menyayangi kita, mencintai kita, menghargai kita, dst.

Dengan cara mereka masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar