Senin, 15 Maret 2010

O-ow! Gue jadi eksis!

O ow, gue jadi eksis!

Sebenernya berlebihan banget gue bilang gitu, apalagi menuliskannya dalam blog. Mudah-mudahan ngga kena UU tentang IT gitu deh ya, abisnya, beneran deh, gue cuma mau sharing dan mungkin aja ada ‘pelajaran’ yang bisa diambil dari curahan hati gue yang terdalam (halah!)


Alkisah di suatu siang yang terik,
di sebuah acara musyawarah atau bisa dibilang begitu, ada sekian puluh orang berembug (baca: diskusi) untuk menyelesaikan sebuah permasalahan. Pro dan kontra silih berganti bersahut-sahutan di kala itu. Tentunya yang mengusulkan pilihan A ada sekian orang, pilihan B ada sekian orang, begitu pula dengan pilihan C, karena ketiga pilihan ini adalah ketiga opini terbesar yang punya kekuatan cukup seimbang.

Sebagai salah satu peserta musyawarah yang ingin berpartisipasi dalam acara tersebut, seorang cewek mengacungkan tangan dan mengeluarkan pendapatnya, walaupun pendapat tuh cewek mungkin kurang bermutu dibandingkan yang lainnya, ditambah lagi si cewek itu mendukung salah satu dari tiga pilihan utama di atas yang paling minoritas. So what? Sebagai warga Negara dia juga berhak mengeluarkan pendapat baik lisan maupun tulisan sesuai UUD 1945 pasal 28 kan? (mudah-mudahan gue ngga salah ya nyebut pasalnya)

Tapi ya seperti yang udah gue bilang, mungkin pendapat cewek ini kurang bermutu, atau kurang meyakinkan, atau malah kurang ajar? Yang jelas, tuh cewek NGGA ADA MAKSUD APA-APA SELAIN NGUTARAIN PENDAPATNYA AJA, YANG KALAUPUN DITOLAK DIA AKAN TERIMA DENGAN LEGOWO, DENGAN IKHLAS, DAN DENGAN LAPANG DADA. Tuh cewek SAMA SEKALI NGGA ADA NIAT BUAT NYOLOT, NGOTOT, ATAU SOMETHING LIKE THAT DEH. Tapi sayang, sayang sayang seribu kali sayang… mungkin dia punya problem dengan berkomunikasi yang baik dan benar, karena dia sebelumnya bukan tipe orang yang gampang ngomong (atau bahasa lainnya pendiem gitu), dan dia sedang dalam proses perubahan untuk menjadi orang yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Mungkin dia salah intonasinya atau gimana, sehingga menimbulkan kesan “nyolot”. Padahal suer deh, tuh cewek kaga ada maksud nyolot!

Nah, jadi, disini gue ngga mau nyalahin siapa-siapa. Bukannya gue mau belain tuh cewek, tapi ya karena gue tau banget si cewek kaga ada maksud buat nyolot atau ngotot. Secara dia juga ngomong sekali doang kok.

Gue juga ngga mau nyalahin siapapun yang mendengar itu cewek dan beranggapan kalo tuh cewek nyolot. Mungkin memang kedengeran seperti itu. Dan wajar ajalah dia yang berbeda pendapat dengan nih cewek akhirnya menganggap nih cewek nyolot bin ngotot bin keras kepala dst.

Detik menjadi menit, menit menjadi jam, jam-jam terlewati dengan beragam suasana yang berbeda, kadang naik kadang turun, kadang tegang kadang regang, sampai tibalah di penghujung acara musyawarah tersebut. Dan hasilnya adalah: keputusan akhirnya bukan seperti pendapatnya si cewek tadi. Tapi walaupun begitu, tuh cewek fine-fine aja tuh, secara dia juga sudah bisa menerima hasilnya dan sudah menganggap itulah yang terbaik. Tuh cewek berniat menanamkan di hatinya kalo dia akan mencoba berbicara lagi dalam forum lain kali, sekalian mengasah kemampuan berbicaranya.

Tapi cerita ngga cuma sampai di situ, karena di saat tuh cewek yang moodnya lagi bagus-bagusnya itu agak kaget mendengar namanya disebut-sebut. Awalnya dia agak nggak ngeh (nih cewek cukup lola yah), tapi setelah dia mencernanya, perlahan-lahan runtuhlah kepercayaan dirinya, hancurlah moodnya, seakan-akan gedung itu runtuh menimpanya, seolah-olah semua mata menatapnya dengan death glare.

Namanya disebut kenapa?

Ada seseorang yang dihormati di situ, mengutarakan pendapatnya (yang berlawanan dengan pendapat si cewek) dan mengatakan kurang lebih begini, “kan yang lain pada setuju, palingan itu tadi satu orang doang yang nggak setuju, siapa itu tadi namanya? XXX (namanya gue sensor demi keamanan)?”

Cuma itu doang. Kalimat simple yang mungkin kedengerannya biasaaaaa banget. Nggak seharusnya kalimat itu menghancurkan seseorang. Tapi apa akibatnya pada si cewek itu?
Ya itu tadi, seakan-akan gedung itu runtuh menimpanya, seolah-olah semua mata menatapnya dengan death glare. Terlalu hiperbolis memang, tapi begitulah tu cewek. Payah banget yah??

-the end-

Begitulah. Mudah-mudahan ada yang bisa menangkap “apa yang ingin gue ungkapkan” melalui cerita itu.

Tapi buat yang masih kaga ngeh dengan maksud gue (mungkin karena ceritanya aneh atau gue nyeritainnya kaga jelas) gue pengen ngejabarin hal-hal yang gue ambil dari cerita ini.

Sejauh ini sih, gue “nangkepnya”:

-jangan kayak tuh cewek yang mudah nyerah, Cuma dengan seuntai kalimat langsung hancur gitu.
-bisa nerima hasil musyawarah dengan lapang dada walaupun ngga seperti yang kita usulkan
-berusaha menjadi lebih baik kaya tuh cewek. Dia berniat memperbaiki kemampuan berbicaranya.
-mungkin, ini mungkin ya, ngga usah nyebut “merek” kalo emang ngga perlu. Kalo mau ngritik sih boleh-boleh aja nyebut nama orang yang kita kritik biar tuh orang ngerti kalo dia yang lagi kita kritik, tapi kalo buat ngasih contoh ke orang-orang mengenai “orang yang salah”, perlu ngga sih nyebut nama orang “yang salah” itu? Karena bisa jadi akan “membunuh” orang yang disebut-sebut itu seperti si cewek di atas.

So far, segitu yang bisa gue tangkep, ada “pelajaran” lain yang bisa diambil lagi dari kisah di atas?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar