Selasa, 06 April 2010

tortoise vs hare

Kisah tentang kelinci dan kura-kura yang balapan lari dan akhirnya dimenangkan oleh si kura-kura karena kelalaian si kelinci yang enak-enakan tidur pasti udah nggak asing lagi. Gue juga udah berulang kali baca dan denger dongeng itu tapi baru kemaren (18/3) gue ngerasa bugh! Alias ngerasa ditonjok tepat di ulu hati.
Iseng-iseng nonton Upin & Ipin yang kala itu nayangin cerita kelinci dan kura-kura itu, tiba-tiba gue ngerasa tertohok aja. Padahal, gue udah pernah nonton yang episode itu. Tapi, walaupun terlambat, gue bersyukur banget sudah ‘diingatkan’ oleh tayangan anak-anak itu. Salut gue, tuh tayangan berbobot banget, nggak cuma sekadar menghibur.
Sebenernya, apa yang bikin gue ngerasa tertonjok seperti itu?
Tiba-tiba aja gue mikir, apa selama ini gue terlalu santai dan menyepelekan sesuatu seperti si kelinci yang sombong itu? Astaghfirullah, gue tiba-tiba aja ngerasa tersindir banget. Dianugerahi sesuatu tapi malah dibuat sombong, menyepelekan kemampuan orang lain yang emang nggak sehebat kita, sampai akhirnya kita malah bersantai-santai ria, lalai, terlena, atau ketiduran lah istilahnya, dan baru sadar kalau ternyata si kura-kura sudah jauh mendahului kita, karena kegigihannya, semangatnya, usaha kerasnya, dan akhirnya terlambatlah kita untuk mengejar ketertinggalan kita. Nyesek banget nggak sih? Kita tahu banget kalau kita bisa menang, tapi nyatanya kita kalah, dan itu memang karena KESALAHAN KITA SENDIRI!
Lalai. Erat banget sama yang namanya males, suka nunda-nunda, dan itu karena kita menyepelekan sesuatu, yang kalo ditelusurin lagi ya sumbernya si sesuatu bernama sombong itu. Tapi sayangnya, sombong itu bisa menjelma menjadi sosok yang sangat halus, sampe nggak kerasa dan akibatnya kita nggak sadar kalo sebenernya kita udah sombong, walaupun Cuma dalam hati aja. Mungkin kita emang nggak sesumbar ke orang lain kalo kita hebat etc, tapi dalam hati ada secuil perasaan sombong misalnya dengan membatin, “Ah, ini mah gue udah bisa,” or something like that gitu.
Oh iya, gue ada cerita lagi, dan ini real story banget tentang apa yang pernah gue alamin.
Jadi begini ceritanya, waktu itu, ehm, tepatnya kapan gue lupa, yang jelas lagi ulangan umum, kalo nggak salah sih UTS. Gue ikut les fisika di guru gue dan ehm, yang bikin soal itu guru gue dan sebagian besar udah pernah dibahas di les. Enak banget kan?
Nah, alhasil gue tinggal pelajarin catetan-catetan les gue aja lah, bahkan gue apalin! Terus, pas soal dibagiin, betapa girangnya hati gue melihat soal yang gue dapet itu seperti yang udah gue pelajarin! Padahal soalnya ada 2 jenis, dan soal yang satunya lagi itu susah banget. Gue asik kan dapet yang udah gue pelajarin bahkan gue apalin?
Tapi, sayangnya ya itu tadi, secuil aja sombong di hati gue, yang dengan pedenya udah berbangga hati karena udah tau cara ngerjainnya, dalam waktu beberapa detik atau menit (selama gue ngisi nama, kelas, dsb) tiba-tiba ingatan gue seolah disedot begitu aja sampai nggak bersisa. JLEP! GUE MENDADAK LUPA SAMA SEKALI! Gue bener-bener panik di kala itu dan mungkin itu juga yang membuat gue sampe nggak sadar akan kesalahan fatal gue. Gue cuma bisa jawab ngasal sampe waktu abis dan gue ngumpulin dengan meringis miris. Tragis, sampe bikin gue nangis-nangis.
Nyampe di rumah, gue ceritain lah ke emak gue tersayang, dan emak gue juga lah yang mengingatkan gue yang telah sombong tadi, walaupun secuil dan tersembunyi dalam hati. Eh emak gue kok bisa tau kalo gue sombong? Pan dalam hati gue sombongnya?
Ya itu tadi, gue kan bilang, “Ma, padahal ade tuh udah ngapalin bener-bener rumusnya, cara-caranya, ade tau banget, apalagi tuh soal mirip banget sama yang di les, tapi kok ade mendadak lupa ya? Padahal pas baca soalnya ade udah seneng-seneng tuh, eh, pas setelah nulis nama kok ya langsung ilang?” kurang lebih itu yang gue aduin ke emak gue.
Dari yang gue underline itu udah keliatan kan betapa sombongnya diriku? Huaaaa, padahal Cuma begitu, tapi akibatnya dahsyat! Nilai gue empat! Apaan tuh?!
Nah, itu dia sedikit pengalaman gue tentang urusan sombong menyombong, sebenernya banyak lagi pengalaman lain, belom lagi yang belom gue sadarin, tapi ya mudah-mudahan dari yang sedikit ini bisa menghindarkan temen-temen dari kejadian serupa. Sumpah, nyesek rasanya!
Hmm, kalo tentang ketiduran alias lalai kayak yang dialamin si kelinci itu, gue juga sadar. Seenggaknya banyak yang bilang kalo gue sebenernya gue punya potensi lebih dari pada si anu, tapi usaha ekstranya membuat dia melampaui gue. Gue udah pernah ngalamin ini sejak kecil, dengan si anu yang berbeda-beda (tapi sama-sama rajinnya). Hmm, bersaing sama orang rajin tuh susah ye, abisnya dia demen banget belajar, sedangkan gue gampang bosennya. Tapi ya itu, gue cuma bisa nelangsa ngeliat kebodohan gue yang sumpah susah banget diubahnya. Gue sama sekali nggak pernah nyalahin siapapun (maksudnya kayak: ih, kok dia bisa sih? Padahal kan jago-an gue), karena gue tahu gue yang salah kenapa males-malesan, tapi ya itu (kaga kreatip amat sih bahasanya “tapi ya itu” melulu) sombongnya gue dalam versi yang berbeda mungkin, dengan ukuran sangat kecil dan halus tetapi mematikan. Sejenis sombong yang membuat gue jadi cenderung menyepelekan sesuatu dengan menunda-nundanya, terlena dalam kemalasan, dan menjadi orang yang lalai.
Yap, postingan ini bener-bener harus jadi renungan gue buat diri gue sendiri!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar