Selasa, 06 April 2010

Lho, kok ada OPICK?

“Loh kok ada OPICK?” komentar bapak gue ketika melihat gue dari belakang. Opick yang dimaksud di sini bukan Opick penyanyi religi yang sekarang melebarkan sayap di dunia perfilman itu, tapi Opick sodara gue, yang namanya Taufik tapi dipanggilnya Opick. (kecewa? Hehehe, maaf ya)
Kenapa deh gue dikira sodara gue yang dari namanya aja ketauan banget kalo dia beda jenis kelamin sama gue? O-ow, jadi sebabnya itu…
rambut gue.
Gue baru potong rambut loooh (hehehe pamer) dan sampe kuping gue nggak ketutup rambut! Bisa dibayangkan? (Oh, jangan dibayangin beneran!!) betapa pendeknya rambutku sekarang, jadi mirip potongan rambut cowok, mirip sama si sodara gue itu.
Ternyata rambut pendek itu enak juga ya, enteng bawaannya. Kaga gerah, dan gampang kalo mau keramasan tapi waktunya sempit. Tapi ya itu, jadi kaya cowok dikit. Tapi nggak kaya cowok banget kok, kalo cowok rambutnya kayak gue pasti udah waswas banget pas upacara, takut digunting guru.
Hmm, jadi inget beberapa tahun yang lalu, mungkin udah belasan tahun yang lalu. Waktu itu gue masih batita, kakak gue aja masih TK-an. Waktu itu, gue sama mbak yang ngasuh gue lagi nungguin kakak gue pulang ngaji. Di situ ada ibu dengan anak kecil lagi nungguin anaknya juga. Si anaknya ibu itu lagi makan apaaaa gitu, dan ibunya yang bermaksud mengajarkan si buah hati agar menjadi anak yang murah hati meminta anaknya untuk menawarkan makanannya ke gue.
“Dek, itu tawarin dong mas-nya!” kata si ibu itu.
Sontak mbak gue ketawa ngakak. Gue cuma bisa melongo dengan heran, mungkin pikiran gue saat itu, “Loh kok aku dipanggil mas ya?”
Si ibu menatap mbak gue heran. Buru-buru mbak gue menjelaskan, “Ini mbak, Bu, bukan mas!”
Si ibu yang kemudian paham itu langsung minta maaf, dan bilang kalo dia kira gue ini cowok.
Gue cuma ber-hehe sok tau aja ngeliat mbak gue dan si ibu ketawa. Ngarti juga cuma secuil.
Abis itu, tahulah gue, gue yang make baju dan celana yang sangat nggak fenimin, rambut pendek kaya cowok, kaga pake anting, plus gaya berjalan gue yang nggak seperti anak cewek yang seharusnya, ternyata membuat orang yang belom mengenal gue mengira gue cowok! Weleh-weleh, apabae tuh?
Penasaran kenapa gue tau kisah nyata itu padahal gue masih batita? Kan mbak gue bilang ke emak gue, dan beberapa tahun kemudian emak gue menceritakan hal itu ke gue.
Sampe sekarang juga gue kadang-kadang masih berjalan dengan gaya seenak udel. Kadang-kadang kayak cowok, kadang-kadang biasa aja. Biasanya sih gue berjalan kaya cowok kalo kaki gue udah pegel dan dipaksa harus jalan terus. Jalan dengan langkah gede-gede dan bahu naik turun kanan-kiri (bingung yah bayanginnya? Pokoknya kayak preman sok jagoan gitu deh –emang bener-bener childish ya gue), bukan karena kesel juga sih, tapi karena kalo jalan kaya gitu bisa mengurangi kelelahan gue. (belom teruji secara klinis, jadi terserah mau dicoba apa nggak) dan emak plus kakak gue tersayang pasti ngomel-ngomel. Tapi tetep aja kaga mempan, selama gue nyaman dengan keadaan gue… ya nggak? (dasar anak dan adik yang ngeyel)
Oh iya, ngomong-ngomong tentang kengeyelan gue, gue emang termasuk anak yang ngueyeeel buanget, trus keras kepala pula! Pernah dulu waktu gue masih seusia balita-an, gue nggak mau make sandal keluar rumah, jadi di jalanan nyeker gitu. Hiiiy, alay banget ya?! But, yeah, that’s me. Udah dibilangin ratusan kali, diceramahin, bahkan diomelin, tetep aja ngga mau nurut.
Walhasil, kaki gue ngegelodok dan ngeletekin. Jijay bajay dah, gue sampe nangis liat kaki gue yang ancur lebur. Barulah di saat itu emak gue bilang dan gue dengerin. Kata emak gue, itu karena kaki gue kotor, banyak kumannya, makanya jadi kaya digerogotin gitu. Gue baru nurut mau make sandal kalo ke luar rumah.
Lagi-lagi, gue mengalami hal yang mirip. Tapi dalam usia yang sudah jauh lebih tua alias ya sekarang-sekarang ini. Gue yang manja alias mandi jarang, males bersihin muka, suka megang-megang muka dengan tangan kotor, nggak pernah pake sunblock atau masker kalo keluar siang-siang dengan muka gue yang sensitive ini, wajar banget kalo hasilnya jerawat tumbuh subur bak jamur di musim hujan. Gue yang super duper jorok baru nurutin wejangan kakak dan emak gue yang senantiasa menasihati gue macem-macem dari dulu tapi gue nggak pernah nurut. Sekarang udah begini barulah gue kapok. Gue mulai rajin mandi, rajin bersihin muka, nggak megang-megang muka dengan tangan kotor, dan pake sunblock kalo terpapar matahari dan pake masker kalo berkendara. Oh iya, sebenernya gue potong rambut super duper pendek juga biar jadi rajin kramasan! Hehehe. Huah, emang dasar anak bandel, sampe ngabisin duit banyak banget buat biaya pengobatan muka gue doang. Huah ampuuun, maafin adek!
Jadi, ya, jadilah anak yang nurut, berbakti pada orang tua, jangan ngeyel  kaya gue. Sumpah, nyesel banget gue. Emang yeh, penyesalan itu telaat mulu. Kalo udah kena getahnya, barulah gue mau berubah.
Jangan menunda-nunda untuk berubah menjadi lebih baik. Selain takut nggak keburu, kena getah itu rasanya nggak enak. Buru-buru deh berubah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar